Perkembangan Peserta Didik : Pertumbuhan Fisik

PERTUMBUHAN FISIK

A. DEFINISI PERTUMBUHAN FISIK

Pertumbuhan adalah suatu proses perubahan fisiologis yang bersifat progresif dan kontinyu dan berlangsung dalam periode tertentu. Perubahan ini bersifat kuantitatif dan berkisar hanya pada aspek-aspek fisik individu. Oleh sebab itu, secara terminologis, sebenarnya tanpa ada tambahan kata “fisik” pun. Hanya dengan istilah “pertumbuhan” saja, sudah bermakna perubahan pada aspek-aspek fisiologisnya.

Perubahan ini meliputi perubahan progresif yang bersifat internal maupun eskternal. Perubahan internal meliputi perubahan ukuran alat percernaan makanan, bertambahnya, ukuran besar dan berat jantung dan paru-paru, bertambah sempurnanya sistem kelenjar endoktrin/kelamin, dan berbagai jaringan tubuh. Adapun perubahan eksternal meliputi bertambahnya tinggi badan, bertambahnya lingkarb tubuh, perbandingan ukuran panjang dan lebar tubuh, ukuran besarnya orgam seks, dan munculnya atau tumbuhnya tanda-tanda kelamin sekunder.

B. PENGARUH PERTUMBUHAN FISIK TERHADAP TINGKAH LAKU

Pertumbuhan fisik pada gilirannya akan membawa sampai pada suatu kondisi jasmaniah yang siap untuk melakukan tugas perkembangan secara lebih memadai yaitu kesiapan individu untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangan pada periode berikutnya. Pada gilirannya, terjadilah perubahan tingkah laku progresif yang begitu sempurna. Pertumbuhan yang semakin sempurna pada otak menyebabkan susunan syaraf menjadi lebih kompleks dan sistem syaraf menjadi lebih senpurna sehingga kemampuan berpikir menjadi lebih tinggi.

C. KARAKTERISTIK PERTUMBUHAN FISIK REMAJA

Pesatnya pertumbuhan fisik pada masa remaja seringkali menjadi kejutan pada diri remaja itu sendiri. Pakaian yang di milikinya seringkali menjadi cepat tidak muat dan harus membeli yang baru lagi. Kadang-kadang remaja dikejutkan dengan perasaan bahwa tangan dan kakinya terlalu panjang sehingga tidak seimbang dengan besar tubuhnya. Seringkali gerak-gerik remaja menjadi canggung dan tidak bebas. Gangguan dalam bergerak yang disebabkan oleh pesatnya pertumbuhan fisik pada remaja seperti ini dikenal dengan istilah “gangguan regulasi”

D. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN FISIK

1. Faktor internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri individu. Termasuk kedalam faktor internal ini adalah :

a. Sifat jasmaniah yang diwariskan dari orang tuanya.

b. Kematangan.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal ialah faktor yang berasal dari luar diri individu. Termasuk kedalam faktor ekternal ini adalah :

a. Kesehatan

b. Makanan

c. Stimulus rangsangan

E. UPAYA MEMBANTU PERTUMBUHAN FISIK DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN

1. Sarana dan prasana. Faktor sarana dan prasana ini jangan sampai menimbulkan gangguan kesehatan pada anak. Penyelenggaraan pendidikan modern menghendaki agar tempat duduk anak dan meja dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, ruangan kelas yang bersih, terang dan cukup luas, serta disiplin yang tidak kaku.

2. Waktu istirahat. Untuk meningkatkan rasa lelah dan mengumpulkan tenaga baru, istirahat yang cukup sangat diperlukan. Dalam belajar sangat penting memperhatikan pangaturan waktu istirahat bagi anak-anak karena dalam belajar dikenal dengan istilah yang disebut “biorama”, yang bearti kemampuan anak konsentrasi akan sangat di pengaruhi oleh irama stamina biologis pada anak itu sendiri.

3. Diadakannya jam-jam olahraga bagi para siswa. Pelajaran olahraga sangat penting bagi pertumbuhan fisik anak karena dengan olahraga yang dijadwalkan secara teratur oleh sekolah berarti pertumbuhan fisik anak akan memperoleh stimulasi secara teratur pula.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Remediasi Tanah Akibat Tsunami

PENCEMARAN AIR OLEH PANAS, FISIKA LINGKUNGAN, 02 SEPTEMBER 2019

Setitik Goresan Luka Mendalam