Perkembangan Peserta Didik : Perkembangan Emosi

PERKEMBANGAN EMOSI

1. DEFINISI EMOSI

Menurut Daniel Goleman (2005) yang merupakan pakar “kecerdasan emosional”. Mendefinisikan emosi merujuk kepada makna yang paling harfiah yang diambil dari “Oxford English Dictionary” yang memaknai emosi sebagai setiap kegiatan atau pergolakan pikiran, perasaan, nafsu, setiap keadaan mental dan meluap-luap.

Sementara itu, Chaplin (2001) dalam “Dictionary of Psychology” mendefinisikan emosi sebagai suatu keadaan yang terangsang dari organism mencakup perubahan-perubahan yang disadari, yang mendalam sifatnya dari perubahan perilaku.

Dengan demikian, emosi adalah suatu respons terhadap suatu perangsang yang menyebabkan perubahan fisiologis disertai perasaan yang kuat dan biasanya mengandung kemungkinan untuk meletus. Respons demikian terjadi baik terhadap perangsang-perangsang eksternal maupun internal.

2. BENTUK-BENTUK EMOSI

Daniel Goleman (2005) mengidentifikasikan emosi dalam sejumlah kelompok sebagai berikut :

1. Amarah, didalamnya meliputi beringas, mengamuk, benci, marah besar, dll

2. Kesedihan, didalamnya meliputi pedih, sedih, muram, suram, melankolis, dll

3. Rasa takut, didalamnya meliputi cemas, takut, gugup, khawatir, waswas, dll

4. Kenikmatan, didalamnya meliputi bahagia, gembira, ringan, puas, riang, dll

5. Cinta, didalamnya meliputi penerimaan, persahabahatan, kepercayaan, kebaikan hati, rasa dekat, bakti, hormat, kasmaran, dan kasih sayang.

6. Terkejut, di dalamnya meliputi terkesiap, takjub, dan terpana.

7. Jengkel, didalamnya meliputi hina, jijik, muak, mual, benci, tidak suka, dan mau muntah.

8. Malu, didalamnya meliputi rasa bersalah, malu hati, kesal hati, menyesal, hina, aib, dan hati hamcur lebur.

3. HUBUNGAN ANTAR EMOSI DAN TINGKAH LAKU

Daniel Goleman menggambarkan hubungan antara emosi dengan tingkah laku ke dalam bentuk-bentuk :

1. Respons yang cepat tetapi ceroboh

2. Mendahulukan perasaan baru kemudian pikiran

3. Memperlakukan realitas, sebagai realitas simbolik

4. Masa lampau diposiskan sebagai masa sekarang

5. Realitas yang ditentukan oleh keadaan

Selain teori kecerdasan emosional yang dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan atau pengaruh emosi terhadap tingkah laku, ada juga sejumlah teori-teori emosi lain adalah sebagai berikut :

1. Teori sentral

2. Teori peripheral

3. Teori kepribadian

4. Teori kedaruratan emosi

4. UPAYA MENGEMBANGKAN EMOSI REMAJA DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN

1. Pengembangan Keterampilan Emosional

2. Pengembangan Kereampilan Kognitif

3. Pengembangan keterampialan Perilaku

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Remediasi Tanah Akibat Tsunami

PENCEMARAN AIR OLEH PANAS, FISIKA LINGKUNGAN, 02 SEPTEMBER 2019

Setitik Goresan Luka Mendalam